Jumat, 22 Mei 2009

Wikipedia

Ensiklopedia isi bebas pertama kali dan yang terbesar adalah Wikipedia bahasa Inggris. Wikipedia didirikan 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger..
Pada pertengahan 2003, Wales mendirikan Yayasan Wikimedia, perusahaan nirlaba yang berpusat di St. Petersburg, untuk mendukung Wikipedia dan proyek-proyek serupa lainnya. Ia menunjuk dirinya sendiri dan dua orang rekan bisnisnya yang bukan Wikipedian aktif menjadi anggota dewan direksi yang terdiri atas lima orang; dua orang anggota lainnya adalah wakil komunitas terpilih. Menurut Daniel H. Pink dari majalah Wired, hingga 2004 Wales telah menghabiskan lebih kurang US$500.000 untuk mendirikan dan mengoperasikan proyek-proyek Wiki-nya, hampir seluruhnya berasal dari sakunya sendiri. Pada akhir pengumpulan dana pada Februari 2005, Yayasan Wikimedia telah didukung sepenuhnya oleh sumbangan dan hadiah. Wales menjadi semakin terlibat dengan mempromosikan dan berbicara mengenai proyek-proyek Wikimedia, dan untuk melakukannya, ia mengunjungi konferensi-konferensi dan pertemuan-pertemuan, seperti "Wikimeets" dan Wikimania. Ia dimasukkan oleh majalah Time dalam jajaran 100 orang yang paling berpengaruh di dunia pada tahun 2006
Tahun 1998 hingga tahun 2000 Larry Sanger mengoperasikan situs web yang berjudul, "Ulasan Laporan Berita tentang Y2K oleh Sanger" (sebelumnya dimuat di www.sangersreview.com) yang berfungsi sebagai salah satu nara sumber bagi para pemerhati Y2K. Sanger bekerja pada Bomis dan mempromosikan baik nupedia dan wikipedia hingga Bomis berhenti mendanai posisinya pada bulan Februari 2002, dan ia mengundurkan diri dari Wikipedia. Setelah Wikipedia hingga bulan Juni 2005, Sanger kembali ke dunia akademis dimana ia mengajar filsafat di Ohio State University. Sebagai praktisi profesional ia tertarik akan epistemologi (khususnya), filsafat modern, dan etika. Pada waktu luangnya ia mengajar dan memainkan instrumen musik tradisional Irlandia fiddle di Columbus dan Dayton, Ohio. Ia juga ikut memelihara sebuah situs tentang tradisi fiddle Donegal.
Wikipedia merupakan merek dagang Yayasan Wikimedia yang juga membawahi proyek multibahasa seperti Wikiquote (koleksi kutipan), Wiktionary (kamus dan tesaurus), Wikisource (perpustakaan naskah), Wikibooks (buku teks), Wikinews (sumber berita), Wikispecies (direktori spesies), dan Wikiversity (bahan belajar).
Di seluruh dunia, kini ada 67.000 kontributor aktif yang mengerjakan 4.600.000 artikel pada lebih dari 100 bahasa. Wikipedia terbesar adalah versi bahasa Inggris yang saat ini memiliki 1.532.057 artikel.
Semua isi Wikipedia dilindung General Public Licence (GNU) Free Documentation License (Lisensi dokumentasi bebas GNU atau GNU FDL). Ribuan proyek gratisan berada di bawah GNU FDL, tetapi Wikipedia inilah yang merupakan proyek dokumentasi terbesar GNU FDL.
Kebijakan Wikipedia yaitu semua artikel harus ditulis dari sudut pandang yang netral atau neutral point of view (NPOV). Menurut pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, NPOV ini adalah kewajiban dan tidak boleh diganggu gugat.

Wiikipedia Di Indonesia

Perintis Wikipedia bahasa Indonesia ternyata adalah Revo Arka Giri Soekatno, pemuda yang sejak SMP hingga S-2 tinggal di Belanda. Dia mengagumi sastra Jawa dan saat ini sedang menyelesaikan disertasi soal sastra Jawa kuno di Universitas Leiden, Belanda.
Kerinduannya akan Indonesia dia tuangkan bersama wikiwan dan wikiwati
lainnya dalam sumbangan artikel yang mungkin setiap hari kita gunakan
jika sedang mencari informasi di http://id.wikipedia.org.
Pria kelahiran 2 Agustus 1975 ini secara tak sengaja "menemukan" Wikipedia pada 2003. Menurut Revo, waktu itu situs Wikipedia jelek dan tidak informatif. Saat itu dia mencari informasi soal suku Guanches di Spanyol.
Waktu itu informasi yang dia tampilkan sedikit, ternyata saya baru tahu jika informasi yang kita cari tidak ada atau sedikit, kita bisa menambahkan sendiri. Daripada iseng buat web log, di Wikipedia kita bisa menyumbangkan karya yang bias digunakan orang lain," kata Revo mengenang.
Revo ingat, artikel pertama di Wikipedia Indonesia adalah soal elektron yang dibuat pengguna tak terdaftar. Setelah itu, Revo rutin menyumbang artikel hingga akhirnya pengurus Wikipedia di Florida mengangkat Revo via online sebagai pengurus Wikipedia Indonesia pertama kali.
Selanjutnya, Wikipedia berkembang pesat bahkan Wikipedia berbahasa daerah juga bermunculan, seperti Wikipedia Jawa, Sunda, Banyumas, Bugis, Melayu, dan Tetun.
Wikipedia memiliki keanggotaan bertingkat. Tingkatan dibagi menjadi pengguna anonim, pengguna terdaftar, dan pengurus. Semua pengguna bisa menyumbangkan artikel

Pengurus Wikipedia Indonesia

Pengurus ada dua jenis yaitu sistem operator atau Sysop dan tertinggi birokrat. Ya, birokrat, istilahnya sama dengan pemerintahan. Sysop bisa menghapus artikel dan bisa memblokir pengguna yang melakukan vandalisme.
Wikipedia adalah ensiklopedia yang paling radikal yang menawarkan kebebasan pengeditan, karena itu wajar jika banyak yang iseng mengganggunya. Namun, sebagai komunitas terbuka Wikipedia juga menunjukkan kemampuannya untuk "menyembuhkan diri" dari setiap serangan.
Hingga kini Revo telah membuat 6.500 artikel di Wikipedia Indonesia serta 1.000 artikel untuk bahasa Jawa. Rekor artikel terbanyak di Wikipedia Indonesia dan daerah masih dipegang Revo. Jumlah artikel lain yang dia edit juga mencengangkan, 25.000 untuk artikel Wikipedia Indonesia dan 3.000 artikel Wikipedia Jawa.
Saat ini proyek keroyokan Wikipedia Indonesia adalah menampilkan informasi soal Nusantara. Mulai dari provinsi, kabupaten, kota, serta kecamatan sudah mereka garap dan kini mulai menggarap desa dan kelurahan. Bahkan, ada yang iseng usul menggarap dusun. Sesuatu yang berlebihan, tetapi cukup melukiskan mereka gila kerja tanpa dibayar.
Ketika Revo, sang birokrat yang memiliki kekuasaan hampir absolut di Wikipedia Indonesia itu, sedang berlibur di Jakarta, kecanduan akan Wikipedia tetap menjangkit. "Saya sempat keliling ke beberapa kelurahan di Jakarta untuk memotret kantornya, foto itu untuk melengkapi database kelurahan di Jakarta," kata Revo.

Keistimewaan Wikipedia

Keistimewaan Wikipedia adalah selain menyajikan informasi yang biasa ditemui di dalam sebuah ensiklopedia, ia juga memuat artikel-artikel yang biasanya ditemukan di dalam almanak, majalah spesialis, dan topik-topik berita yang masih hangat.
Berikut ini beberapa karakteristik penting di dalam proje Wikipedia.Wikipedia adalah ensiklopedia utama :
Wikipedia adalah sebuah wiki yang dapat diubah oleh setiap orang (kecuali untuk pengguna yang diblok dan pengecualian di halaman terlindung) Wikipedia mengandung isi bebas dan menggunakan copyleft Lisensi dokumentasi bebas GNU
Setiap orang yang ingin menggunakan isi bebas Wikipedia, kapan pun, dapat mengunduh artikel yang mendekati versi terbaru di dalam pangkalan data untuk tujuan bebas, dengan syarat LDBG.
Beberapa lokasi, seperti Wikinfo, wordiq, thefreedictionary.com, 4reference, dan nationmaster telah membuat salinan (mirroring) dan membuat 'data turunan' (forking) dari isi Wikipedia.
Isi Wikipedia dapat diciptakan oleh penggunanya. Pengunjung di Wikipedia juga dapat mengubah artikel, dan banyak yang melakukannya. Halaman-halaman selalu diubah, jadi, tidak ada artikel yang pernah selesai. Dan karena itu pula di Wikipedia sering terjadi "kesulitan" yang unik, lihat Wikipedia:Mengapa Wikipedia tidak begitu hebat. Tetapi ia pun memiliki sistem "penyembuhan sendiri" untuk menghadapi tantangan tersebut, lihat Wikipedia:Balasan terhadap penolakan umum.
Perusakan
Salah satu wacana utama di dalam Wikipedia adalah "perusakan" atau vandalisme; kekonyolan atau menyinggung artikel situs ini. Ada banyak orang yang melakukannya hanya demi mendapatkan pengalaman mengubah halaman internet. Karena Wikipedia adalah proyek radikal yang bebas dan terbuka, ia menarik unsur anarkis, pengakuan Larry Sanger kepada Wired News. Untungnya, banyak dari kita yang berkeinginan untuk bertahan terhadap perusakan... dan menyingkirkannya dengan segera.

Perangkat Keras

Server-server Wikimedia di Tampa

Wikipedia dijalankan dengan memakai perangkat lunak MediaWiki oleh server-server milik Yayasan Wikimedia. Sampai dengan 13 Mei 2006 Wikipedia dan proyek-proyek Wikimedia lainnya dijalankan oleh 175 server yang terletak di 4 lokasi berbeda yaitu di Tampa-Florida-Amerika Serikat, Paris-Perancis, Amsterdam-Belanda, serta di lokasi Yahoo!.

Perincian server menurut lokasinya adalah sebagai berikut.
1. Tampa, Florida:
• 14 buah server berbasisdata MySQL,
• 18 buah server Squid,
• 93 buah server Apache, dan
• 12 buah server lainnya untuk beragam keperluan
.
2. Paris, Perancis:
• 3 buah server Squid.

3. Amsterdam, Belanda:
• 12 buah server.

4. Yahoo!:
• 23 buah server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar