Jumat, 22 Mei 2009

Jenis - Jenis File atau Data Pada Windows

Kebanyakan telah mengenal format-format file yang digunakan setiap hari, secara khas diasosiasikan dengan ''office suite application'' yang ada. Tetapi dengan popularitas web yang pernah menanjak, ditemukan jenis-jenis file baru sepanjang waktu. Web berisi file-file yang bisa di-download yang dikenal sebagai sebuah browser, ada file grafik, pdf dan suara.

Dari semula, browser-browser bisa menampilkan file-file teks dan HTML. Kemudian dapat menampilkan file-file grafik dalam format format GIF dan JPEG, dan file-file suara dalam format AU (Bagan Audio Sun ''Sun's audio scheme''). Lalu lebih banyak jenis file ditambahkan ketika melibatkan ASP (Active Server Pages) dan CDF (Channel Definition Format) untuk Internet Explorer dengan menggunakan program-program tambahan, yang sering diistilahkan plug-ins. Dengan mengklik pada sebuah ''hyperlink'' akan meload program yang berasosiasi dengan file itu. Beberapa jenis file yang lazim ditemukan pada web:

1. HyperText Markup Languange (HTML)

Adalah jenis file yang paling lazim dan asli pada web. Formatnya mencakup isi file yang bersifat teks, format model-model gaya penulisan untuk isi file tersebut. Informasi tentang ''hyperlink'' ke file-file baik keluar dan kedalam mesin atau jaringan tempat file berada, serta informasi mengenai pengolahan file. Sementara format memperbolehkan menyimpan jenis-jenis file lain seperti Java script.

2. Waveform Audio (WAV) dan Sun Audio (AU)

Merupakan format-format file audio yang merupakan standar lama pada jaringan, meskipun file-file AU paling tersebar luas di permulaan, file-file WAV asli windows datang di awal. Kedua format itu mendefinisikan elemen-elemennya sebagai daftar siap diaktifkan (play list), seperti sound data, titik isyarat data, dan label-label data.

3. GIF (Graphics Interchange Format)

Diperkenalkan oleh CompuServe, yang telah menghidangkan satu dari dua format grafik yang penting sejak HTML pertama kali diperbolehkan memasukkan grafik. File yang lain adalah JPEG (for Joint Picture Experts Group). Keduanya mewakili format file dengan struktur yang dispesifikasikan untuk komponen-komponen, kerapatan (density), penyimpanan (storage), dan atribut lain dari grafik.

Tetapi file-file itu juga mewakili jenis kompresinya. GIF adalah sebuah teknik kompresi lossless, artinya dalam grafik yang dimaksud adalah hanya derajat ketidakhilangan data mengambil tempat. Lain halnya dengan JPEG, menggunakan sebuah teknik kompresi lossy, artinya file-file dibagi kedalam kotak dan data yang bersifat ulangan dihilangkan.

Pengguna dapat menentukan derajat dari kompresi JPEG (tidak terdapat dalam GIF) kepada keluasan karaena secara kuat gambar-gambar yang terkompres akan memperlihatkan data yang hilang dengan benar-benar jelas. Keuntungannya, grafik-grafik berukuran kecil akan meload lebih cepat.

4. MPEG (Motion Picture Experts Group)

Teknologi yang menawarkan sebuah mekanisme pengkodean untuk video dan audio, dalam file-file berekstensi .mpg, .mpeg, dan .mp3. Teknologi dengan aplikasi berbeda ini membutuhkan spesifikasi yang beraneka ragam. Jangkauan spesifikasi MPEG dari 1 sampai 7. Kemasyuran MPEG adalah penggunaan algoritma-algoritma canggih yang mempertahankan kualitas suara dan gambar sementara memungkinkan kompresi substansial.

Lapisan yang beraneka ragam dari spesifikasi MPEG-1 mendefinisikan derajat dari kualitas suara dalam file dan juga derajat kompresi. Lapisan 3 (dengan ekstensi .mp3) menawarkan kualitas suara CD pada sebuah rasio kompresi dari jangkauan 12:1 sampai 24:1. Kompresi membuat file-file cukup kecil yang mampu secara nyata didownload oleh modem. Sebuah lagu durasi 4 menit dapat dikompres menjadi file sebesar sekitar 4MB, sebagai perbandingan file WAV windows akan berukuran 3 kali lipatnya. Secara umum, sebuah file MP3 yang terkompres akan menggunakan sekitar 1MB per menit musik.

Beberapa industri musik melihat MP3 sebagai sebuah ancaman terhadap keuntungan dari perusahaan tersebut. Pengguna-pengguna bisa men-download lagu-lagu dan memainkannya pada komputer mereka, karena lagu-lagunya relatif berukuran kecil, menyimpan sejumlah besar koleksi pada hard disk atau CD. Beberapa perangkat lunak MP3 mengijinkan Anda menciptakan file-file MP3 dari koleksi CD.

5. RA, RAM, RM dan RMM

Keluarga format-format file diciptakan oleh RealNetworks dimulai dengan format suara yang disebut RealAudio. Namun, sekarang perusahaan telah menawarkan video yang baik. Format-format ini mewakili serangkaian dari teknologi streaming. Tidak perlu pengguna mendownload sebuah file sebelum dimainkan. File-file musik dapat dimainkan ketika sedang didownload.

Teknologi ini bekerja benar-benar baik untuk broadcast radio, dan juga untuk sampling lagu-lagu atau video. Dengan koneksi jaringan berkecepatan tinggi, teknologi streaming RealNetwork datang dengan produknya sendiri untuk mengantarkan suara mendekati kualitas CD dan video tanpa banyak alasan dan promosi. Microsoft menawarkan sebuah teknologi streaming yang dinamakan Active Streaming Format (ASF), dirancang untuk digunakan bersamaan dengan NetShow, sebuah client yang muncul dengan windows.

Jika Anda mengarahkan kepada home page Microsoft dan menguji field lokasi di dalam browser Anda, maka akan menemukan dokumen awal memiliki ekstensi .asp lebih banyak daripada .htm atau .html yang sering dijumpai.

Dokumen ini menggunakan teknologi halaman server aktif (Active Server Pages) Microsoft, yang mengkombinasikan pengkodean web biasa dengan script dan pemrograman. ASP menyediakan cara penyatuan relatif ke dalam bentuk script dan konektivitas database kepada websitenya.

6. Portable Document Format (PDF)

Jenis file ini diciptakan oleh Adobe, bukanlah sebuah format file yang sering muncul, tetapi digunakan pada web untuk menaikkan kestabilan. File-file PDF diciptakan dengan mengimpor file-file dengan format-format yang berbeda kedalam Adobe Acrobat. PDF menyediakan sebuah presentasi kerangka kerja file-file yang diimpor mampu ditampilkan dengan format aslinya secara utuh. File-filenya juga bisa dibaca melalui beranekaragam platform sistem operasi tanpa aplikasi yang digunakan untuk membuatnya. Sementara Adobe Acrobat Reader yang tersedia sebagai sebuah program terpisah atau sebagai plug-in untuk browser Microsoft dan Netscape.

7. Channel Definition Format (CDF)

Microsoft menawarkan arti pendefinisian apakah dokumen-dokumen dimasukkan ke sebuah channel dan kapan mereka dikirim ke mesin-mesin pengguna. CDF menggunakan XML (Extensible Markup Languange), dan sebenarnya format file menyederhanakan XML dengan elemen-elemen dan tag-tag yang khas.

Format berisi rincian tentang asal file, kode tarif PICS (jika pengarang berkeinginan untuk menyarankan kebijaksanaan dibukanya kode), pada disk lokal pengguna, dan penjadwalan proses download. Banyak dari elemen-elemen ini diatur oleh pengguna ketika pertama kali meminta sebuah channel khusus.

8. Teknologi Shockwave Flash Macromedia

Menyediakan maksud untuk pengembang web mencakup animasi kualitas tinggi dan suara di dalam website mereka. Pengguna-pengguna memerlukan browser plug-ins untuk memperluas pengetahuan aplikasi-aplikasi Flash, dan mereka bisa mengatur konsumsi waktu download, sehingga kualitas dari file-file multimedia ini lebih banyak kelebihannya daripada kerugian-kerugian.

Format file SWF menspesifikasikan rincian seperti bagaimana cara menampilkan film atau animasi, dari frame ke frame dan dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Tag-tag definisi dalam file menggambarkan bagaimana teks-teks, tombol-tombol, suara-suara, dan bitmap yang akan muncul, sementara tag kontrol menangani tingkah laku objek di dalam layar. File SWF memiliki teknik kompresi khusus, dan format yang dirancang untuk terpisah dari sistem lain yang menampilkan elemen-elemen seperti font dan color.

9. Bmp

File BMP cocok digunakan untuk desktop background di windows. Dan tidak cocok digunakan untuk web atau blog.

10. Jpg/jpeg

File JPG menggunakan teknik kompresi yang menyebabkan kualitas gambar turun (lossy compression). Setiap kali menyimpan ke tipe JPG dari tipe lain, ukuran gambar biasanya mengecil, dan kualitasnya turun dan tidak dapat dikembalikan lagi. Ukuran file BMP dapat turun menjadi seper sepuluh setelah dikonversi menjadi JPG. Meskipun dengan penurunan kualitas gambar, pada gambar-gambar tertentu (misalnya pemandangan), penurunan kualitas gambar hampir tidak terlihat mata.

File JPG cocok digunakan untuk gambar yang memiliki banyak warna, misalnya foto wajah dan pemandangan. Dan tidak cocok digunakan untuk gambar yang hanya memiliki sedikit warna seperti kartun atau komik.

11. Png

Tipe file PNG merupakan solusi kompresi yang powerfull dengan warna yang lebih banyak (24 bit RGB + alpha). Berbeda dengan JPG yang menggunakan teknik kompresi yang menghilangkan data, file PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression). Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening. File PNG dapat diatur jumlah warnanya 64 bit (true color +alpha) sampai indexed color 1 bit. Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG lebih baik daripada GIF, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar daripada JPG.

12. Cdr

Merupakan file yang dibuat oleh Corel Draw

13. Doc

Merupakan file Docoument MS Word MS Word

14. Exe

Merupakan file aplikasi

15. Mp3

Merupakan salah satu jenis file audio

16. Pas

Merupakan source code bahasa pemrograman Pascal/Delphi

17. Psd

Merupakan file Image atau gambar dari Adobe PhotoShop

18. Reg

File registry Regedit, untuk mengedit gunakan sembarang teks editor

19. Zip

Merupakan file kompresi WinZip, WinRar

20. Pandangan yang tiada akhir (No End in Sight)

Format-format file baru akan selalu dikembangkan. Beberapa diantaranya akan memperbaiki atau menggantikan format-format yang telah ada, seperti PNG (Portable Network Graphics), yang diarahkan untuk beberapa tahun mendatang sebagai pengganti GIF. Yang lainnya menjadikan perbaikan dari format yang telah ada, seperti MP3 menjadi MPG.

Sebagian besar, akan menjadi format-format aplikasi baru, yang dirancang untuk keistimewaan atribut-atribut yang tidak tersedia diawal aplikasi. Pada dasarnya, selama software baru dikembangkan, format-format file baru akan juga dikembangkan sebagiannya akan menjadi standar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar