Jumat, 22 Mei 2009

Usability

Usability merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan seberapa mudah seseorang menggunakan sebuah tool untuk mendapatkan tujuan tertentu.
Web usability adalah efektivitas dari proses transfer informasi via Internet. Lebih detail lagi tentang interaksi antara pengguna dengan software online dan offline.

Faktor – factor yang menyebabkan pentingnya Usability :
1. Persaingan di era digital semakin berat
2. Pengunjung semakin sedikit memiliki waktu. Di zaman yang serba canggih dan serba praktis ini para pengunjung mengatakan “ waktu adalah uang” jadi semakin sedikit waktu yang digunakan pengunung untuk memasuki sebuah situs maka makin banyak pula waktu yang ia peroleh untuk hal yang lain yang lebih penting dari pada hal tersebut. Maka untuk itulah penguna memerlukan sebuah tool yang dapat mempersingkat waktu pengguna disuatu situs.
3. Pengunjung semakin malas untuk berpikir. “Jika ada situs lain yang lebih mudah, kenapa harus bertahan pada satu situs yang lebih rumit?” hal diatas lah yang dikatakan oleh kebanyakan pengunjung. Mereka cenderung memilih sebuah situss yang tidak memeras otk mereka untuk berpikir.
4. Sedikit kesalahan bisa menyebabkan kehilangan yang besar.
5. Situs yang tidak menarik akan ditinggalkan.
6. Usability meningkatkan nilai tambah situs
7. Menentukan hidup mati sebuah bisnis. Pada Ecommerce, jika pengguna tidak bias menemukan produk, maka tidak terjadi transaksi. Jika situs bertahan dengan iklan, maka tanpa pengunjung, iklan tidak akan dilihat dan diklik.. Pengguna yang tersesat akan menghabiskan resource dan meningkatkan biaya operasional


Faktor Usability :
1. Ease of learning
Seberapa cepat pengguna menyelesaikan tugas dasar
2. Efficiency of use
Setelah terbiasa, seberapa cepat dia menyelesaikan tugas?
3. Memorability
Seberapa efektif pengguna menggunakan aplikasi di lain waktu?
4. Error frequency and severity
Seberapa sering kesalahan terjadi dan seberapa fatal?
5. Subjective satisfaction
Apakah pengguna suka menggunakan sistem?

Web User Experience
1. Seberapa bagus pengguna menggunakan web
* Uji user testing oleh Nielsen menyatakan 66% pengguna berhasil menyelesaikan tugasnya
* Pengguna lebih memilih situs yang lebih usable
* Pengguna lebih baik ketika mengunjungi situs yang biasa mereka kunjungi
2. Bagaimana pengguna menggunakan web
* Waktu kunjungan pada situs : 1 menit dan 49 detik
* Sebuah situs memiliki kemungkinan 12% untuk
dikunjungi kembali
* Waktu tunggu pada homepage : 2535 detik
* Pada kunjungan berikutnya, waktu tunggu dan jumlah pengguna yang scrolling akan semakin kecil
3. Dominasi aktivitas pencarian
* Pengguna lebih sering menggunakan search engine dibandingkan mengunjungi situs yang diharapkan bisa membantu mereka
* Optimalkan SEO (Search Engine Optimization)
* Gunakan keyword yang tepat dan lengkap
* Buat identitas yang unik pada situs
4. Scrolling
* Pengguna malas menggunakan scrolling
* Pengguna terlalu sibuk dan terlalu banyak informasi yang tidak diperlukan oleh pengguna
* Pastikan informasi utama langsung terlihat tanpa harus melakukan scrolling


User-Centered Design
1. Sebuah pendekatan untuk penerapan usability
2. Merupakan metodologi pengembangan produk terstruktur yang melibatkan pengguna pada semua fase pengembangan sebuah web
3. Pendekatan ini mempertimbangkan tujuan bisnis perusahaan serta kebutuhan,
keterbatasan, dan preferensi pengguna
4. Salah satu bagiannya adalah usability testing

Searching
● Aktivitas utama pengguna adalah searching
– Selalu sediakan mesin pencari lokal
– Gunakan GYM sebagai alternatif
– Gunakan interface yang sama dengan search
engine umum, yaitu dengan linear list
– Urutkan sesuai dengan rekomendasi







Search Engine Optimization
● Sekumpulan metode yang dapat meningkatkan
rangking sebuah web site pada mesin pencari
● Teknik
– Linguistic SEO
● Optimalkan keyword
– Architectural SEO
● Pastikan halaman bisa diindex
oleh spider/crawler
– Reputation SEO
● Ciptakan reputasi setinggitingginya

Kesalah pahaman Tentang Usability (Usability Misconceptions) :
1. Usability mahal
* Riset memang mahal, tetapi untuk proyek harian,
usability sangatlah murah dan fleksibel
* Alokasikan 10% dana desain untuk usabilitas
2. Usability engineering akan delay jadwal rilis
* Cukup fokus pada fitur yang dibutuhkan
* Mendapatkan konsensus dari developer lebih cepat
* Usability testing tidak akan memakan waktu lebih lama dari 1 minggu
3. Usability membunuh kreativitas
* Anggapan: Usability menambah satu constraint: sistem harus mudah digunakan oleh pengguna. Fakta: baik dilakukan usability atau tidak, constraint tetap ada
* Jangan biarkan pengguna terlalu banyak berpikir
* Memahami fakta justru meningkatkan kreativitas untuk proses peningkatan
4. Kita tidak perlu usability, cukup dari feedback
* Seringkali pengguna menggunakan metode yang salah untuk mengumpulkan data

Tidak ada komentar:

Posting Komentar